Oktober 11, 2020

Thomas Shelby: Being an idealist and opportunist

Thomas Shelby: Being an idealist and opportunist
sumber: google

[full-width]

Sadis, karismatik, ambisius. Itulah kesan pertama ketika mengetahui sosok Thomas Shelby dalam serial Peaky Blinders yang memiliki genre fiksi-sejarah. Berlatar belakang di kota Birmingham pada tahun 1920-an. Birmingham merupakan kota kedua terbesar di Inggris yang terkenal dengan daerah industri. Thomas Shelby merupakan otak dibalik dari Shelby Limited Company yang bermula dari sebuah jasa keamanan di daerah Birmingham. Ada beberapa karakteristik menarik dari seorang Thomas Shelby.

Thomas Michael Shelby lahir di Small Heath, Birmingham, Inggris pada tahun 1890 yang berasal dari keluarga imigran. Thomas Shelby memiliki beberapa saudara yang berperan banyak dalam karir Thomas Shelby. Mereka adalah Arthur Shelby, John Shelby, Ada Thorne, dan Finn Shelby, dan saudara-saudara itu terlibat dengan geng kejahatan terorganisir bernama Peaky Blinders. Selama Perang Dunia 1 Thomas direkrut menjadi tentara Angkatan Darat Inggris yang bertugas sebagai pencari ranjau dan Sersan-Mayor dari Small Heath Rifles. Thomas berhasil mendapatkan penghargaan karena telah menyelamatkan ribuan nyawa sekutu dari pertempuran Mons.

Setelah kembali dari Perang Dunia 1, Thomas memulai bisnisnya dengan menawarkan jasa keamanan kepada toko-toko kecil dengan bantuan saudaranya. Melihat potensi lain yang dari bisnis keamanannya, Thomas tertarik untuk terjun ke bisnis pacuan kuda namun berakhir dengan konflik dengan pemangku kepentingan yang menguasai bisnis tersebut dan berakhir baku hantam. Tidak hanya itu, sosok Thomas memperlihatkan kecerdikannya dalam membangun bisnis. Mulai dari bisnis perakitan mobil, gin, ekspor dan import digelutinya. Berkembangnya bisnis Thomas tak lepas dari kontrak besar yang didapatkan dari pemerintah Inggris ketika mendapat kesepakatan pengadaan mobil untuk perang. Tidak berhenti disitu, Thomas mendirikan yayasan untuk anak-anak yang kurang mampu di daerah sekitarnya. Pada waktu tertentu, terdapat isu mengenai tidak layaknya upah yang diberikan kepada para pekerjanya. Salah satu aktivis komunis saat itu berusaha memperjuangkan keadilan untuk para pekerja di daerah industri tersebut dengan melakukan protes kepada perusahaan Thomas. Disisi lain pemerintah Inggris tidak mengizinkan paham tersebut berkembang dan akan menangkap para aktivis tersebut dan salah satunya ada nama Ada Thorna yang merupakan saudari dari Thomas. Alih-alih tidak menerima protes dari para aktivis tersebut dan tidak terima saudarinya masuk ke daftar tersebut, Thomas akhirnya menawarkan kesepakatan bahwa dia akan terjun ke politik dan mendirikan partai yang beraliran sosialis yang berujung beralihnya paham dari beberapa aktivis ke sosialis. Segala aktivitas bisnisnya dialihkan ke saudara-sudaranya, semenjak terjun ke politik, karir Thomas berkembang pesat dan memiliki pengaruh besar di wilayahnya. 

Selain itu, masih banyak sisi yang menarik dari cara berpikir seorang Thomas Shelby dalam mempengaruhi seseorang dalam tindakannya dengan cara yang unik maupun sadis. Tidak sabar untuk menunggu Peaky Blinders season ke-6.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search